Hot view Permenkes Penyaluran Alkes

Dalam Permenkes 1191 tanggal 23 Agustus 2010, tentang Penyaluran Alkes (peraturan terbaru), terdapat point perubahan terpenting, yakni :

Ijin Sub PAK tidak dapat diperbaharui lagi dan hanya berlaku sampai dengan tanggal kedaluarsanya, atau maksimal sampai dengan tiga tahun setelah berlakunya permenkes tersebut (tanggal 23 Agustus 2013).

Konsekuensi dari aturan tersebut, semua penyalur alat kesehatan yang memegang ijin Sub PAK jika masih bermaksud meneruskan usaha dalam penyaluran Alat Kesehatan mesti menyesuaikan perijinannya sesegera mungkin, denganĀ  mengurus ijin PAK atau Toko Alat Kesehatan. Untuk ijin PAK dipersyaratkan perusahaan mesti berbentuk badan hukum dan ijin diajukan ke Dirjen YanFar & Alkes Departemen Kesehatan RI melalui Kepala Dinas Provinsi Setempat.

Dalam rangka pembinaan dan pengamanan produksi dan distribusi Alat Kesehatan di DIY, khusus untuk pengajuan ijin PAK maupun Cabang PAK di wilayah propinsi DIY keĀ  Dinas Kesehatan Propinsi dipersyaratkan dilampiri surat rekomendasi dari asosiasi Gakeslab DIY atau asosiasi lain di bidang Kesehatan yang terdaftar resmi di Departemen Kesehatan RI. Untuk keperluan itu silahkan menghubungi sekretariat Gakeslab DIY untuk memperoleh penjelasan lebih lanjut.

This entry was posted in BERITA. Bookmark the permalink.

Comments are closed.